naek angkot lagiii...

Yuukkk… cerita lagi yuuukk… Hehehehe.. Hatsyiii!!.. Hatsyiii!! (ingus nyaris meler).. Hikkssss… Maaph nieehh rada flu, pasti gara-gara main hujan tadi sore… *ya ampuunn Ve.. umur berapa mako itu*.. Sebenarnya sih gak niat main hujan, ini akibat saya mutusin buat naik angkot… Tau kan.. dibanding naik mobil pribadi, naik angkot pasti lebih ribet, tapi ada sensasi berbeda bowww…Hummm… Terakhir Ve naik angkot itu.. ummm… err… sekitar 8 atau 9 bulan yang lau, nah lohhh.. udah nyaris setaon kan…

Jadi gini… Tadi siang setelah siaran dan shalat, gerombolan cacing di perutku beraksi, mereka berorasi menuntut perutku untuk segera diisi makanan.. Secara yah.. cuaca dingin karena Makassar diguyur hujan deras hari ini, jadinya malah tambahhh lapeeerrrrr… Pulang ke rumah kayaknya tindakan paling aman buat maksiat… hayooouu jangan ngeres lho! Maksiat alias makan siang dan istirahat.. gituuwww…

Anchu teman kantorku yang baikkk.. Eh nggak!.. Semuanya baik dahh sama Ve.. Mereka itu laki-laki bertampang seram tapi berhati lembut… Ceilleeeehhh.. Wehh anak-anak biro! Bayarka cepat! Saya sudah promosiko gang!! Okeh balik ke ceritanya.. Ancu yang hanya berkostum baju kaos hitam tipiiissss dan celana puntung yang senada warnanya, dengan percaya dirinya mengantarku pulang padahal hujan sudah mulai rintik, dan dikit lagi hujan deras….

Tiba di rumah.. Saya pun segera menerobos masuk, soalnya hujan udah mulai “rame”, belum lagi laperr banget nihh, gak tau dehh cacing-cacing di dalam udah melakukan aksi lanjutan apa, bakar ban kali.. Simpan tas, cuci tangan, ambil piring, sendok, garpu, anddd…. It’s time to have lunch! Begitu tudung saji kubuka, hummm… dan saya gak pernah meragukan kemampuan mamaku dalam memasak..

Alhamdulillah.. Kenyaaanggg.. Pengen balik kek kantor.. Naik apa yah ke kantor? Gak enak kalo nelpon Ancu buat jemput, karena pasti dia udah kehujanan, bisa dibayangkan bagaimana dongkolnya dia saat baru setengah jam merebahkan diri di karpet, lalu tiba-tiba deringan telepon keramatku kembali menyibukkan dia untuk berpacu melawan rasa letih.. Palagi anak-anak yang lain juga pasti sedang sibuk dengan naskah liputan serta pengiriman gambar, sebelum dapat teriakan keraassss! dari ka Abo.. Keep spirit guys! Peace ka Abo.. Hehehe..

Ahaaaa… Gimana kalo naik angkot!.. Wahhh sudah lama banget.. Kayaknya perlu nih sekali-sekali “menikmati” kendaraan umum itu… Mobil juga pada keluar semua.. Yapp.. Lagian hujan juga hanya rintik doang.. Tiba-tiba penasaran dengan angkot.. Maka segera kusambar MP4-ku, handphone, tas, dannn.. waktunya balik ke kantor naik angkott!!!.. Mama sampai kaget waktu dengar keputusanku naik angkot, tapi gitulah mama.. selalu berusaha santai dan menyuruhku berhati-hati..

Sebelum naik angkot, saya harus berjalan sekitar 200 meter.. Uuffff… Hujan kayaknya lagi asyik-asyiknya mengguyur Makassar.. Awalnya sih rintik-rintik kecil (itu istilahku), tapi sembari berjalan kaki, rintikan itu semakin banyak, hehehe.. kena dehhh.. Ahh gak masalah, ini gak parah koq, dibanding dulu liputan sama Itol di kantor Pertamina, basah kuyuuuppp, jas hujannya gak ngaruh sama sekali…

Jelang 5 menit… Nah ada juga angkot yang mendekat… dann… ciiitttt *suara angkot*… berhenti juga.. Ketika menengok ke dalam, terdapat sekitar 7 penumpang… Hummm.. sudah lumayan penuh, tapi gak masalah, masih ada tempat koq.. Himpit-himpitan kan udah resiko kalo naik angkot.. Dannnn.. Tadddaaaaa!!! Here I am! Di atas angkot, saya mutusin duduk di bagian paling belakang di samping wanita berjubah muslim warna merah maroon dengan jilbab ukuran besar

Agak pengab dan lembab suasana di dalam angkot, tentu kita udah tau bersama bahwa ada sejuta aroma, ekspresi, dan karakter yang akan kita temui di atas angkot… Hahhh.. Jadi teringat pertama kali naik angkot, yapp waktu duduk di bangku SMP.. Ini karena temanku yang biasa ngajak jalan sementara gak ada akomodasi berupa kendaraan pribadi, alhasil naik angkot dehh, 3M, murah-meriah-mengancam.. Hehehehe..

Balik ke ceritaku di atas angkot hari ini.. Tiba-tiba hujan jadi deras… Huaaa, gawat… mana gak bawa payung pula *dan memang malesss bangett*.. Tapi tenang Ve.. paling cuma lewat.. *berusaha menenangkan diri*.. Jumlah penumpang pun kian bertambah.. 9 orang… 11 orang.. dan whattt!! Masih pengen nambah dua orang?? Gila!! Mana bisa, udah sempit gini juga… Yahhh resiko naik angkot.. Dan 13 orang.. hupp.. muatt abis dah, cempiiittt.. Untungnya lagu Craig David – world full with you melantun dengan damai di telingaku.. kalo nggak… gak tau deh mulutku manyun kayak apa..

Fiuhhh ternyata hujan mulai bersahabat, derasnya berkurang dan akhirnya kembali rintik kecil.. Kupandangi sejumlah wajah di atas angkot, ada yang sibuk liat jam tangannya, ada janji kali yah, sabar neng pak supirnya lagi ngebut koq sampe-sampe nyawa kita terancam.. Jadi ingat temanku Nuni.. Dia gak bisa berada di atas angkot yang kecepatannya udah melebihi standar… Standar apa nih? Standar papanya Nuni saat mengendarai mobil, ehhmm.. 20 km/jam.. Duhh Nunieee.. kapan tibanya..

Ada juga yang sibuk bercanda dengan temannya, mereka sepertinya membahas hasil kopi darat mereka dengan seorang yang dulunya menjadi pria misterius lewat sms dan ternyata eh.. ternyata.. adalah penjual mie pangsit di kampus mereka.. Hehehe.. *gak nguping lho, tapi volume suara mereka ke-gede-an* Oh yahh ada juga se-sosok cowok yang dari awal saya naik angkot, sudah pasang posisi termenung bak seorang penulis ataupun pelukis yang sedang mencari ilham *sekali lagi bukan Ilham Husen*, atau bisa juga dia sedang memiliki banyak masalah dan hanya mampu pasang "gaya" kayak gitu..

Hehehe.. Begitu banyak rupa ajaib serta ekspresi yang normal, lucu, unik yang bisa kutemui di angkot sore ini.. Tiba-tiba saja senyumku tersungging.. Di angkot emang kayak gitu, banyak cerita meskipun resikonya besar juga… Akhirnya saya sampai juga di kantor dengan selamat setelah turun di lampu merah dan melanjutkan perjalanan menuju kantor dengan menggunakan becak.. Hummm.. Sepertinya saya akan memulai lagi perjalanan hidupku dengan menggunakan angkot.. Maybe taste for different side from my journey again….

7 Januari 2008
19:00 wita

4 comments:

ArIf said...

Bawa payung kaka'... Adikku aja aku bawa sepeda motor bawa payung juga, hehehe..

Atau, kalau mau coba rasa berbeda, coba sepedaan ke kantor deh.. ;p

Anonymous said...

di makasar namanya angkot juga ya?
kaya di bandung.. hehe.. :)

Ve Miranty said...

Gubbraaakkk.. Rif.. I can't use that stuff untill now.. hikssss...

Ve Miranty said...

kalo di Makassar namanya "pete-pete"... Ve sebut "angkot" aja biar pada ngerti