dulu

Dulu...
Semasa duduk di SD, yang ada di pikiranku hanya belajar dan bermain. Menghabiskan waktu bersama mama-papa, serta tugas latihan yang dikasih papa tiap hari... Punya teman-teman yang se-hobi, bahkan membuat sebuah gang cewek untuk pertama kalinya. Kami memulai debut kami di dunia jual menjual bazaar, dan keuntungannya Rp. 20.000/orang, lumayanlah untuk ukuran kami anak SD yang uang jajannya dulu masih 1000 perak/ hari. Udah berani mondar-mandir Makassar naik angkot sama sahabat-sahabatku, terserah..... mau siang... atau malam (batasnya sampe jam 10 koq, kalo lebih, nanti masuk "buser" malah)... Tapi... Ssssttt... Orang tuaku gak tau, apalagi papa... Ssssttt... Please... Jangan bilang-bilang yah... Mengenal cowok??? Hahhh... Hanya sebagai teman berantem tanpa pernah berpikir untuk sharing dengan mereka, yang ada hanya persaingan.

Dulu...
Semasa SMP, mulai bertemu dengan banyak teman baru. Yahhh... boleh dikatakan udah mau masuk masa-masa puber. Hehehe... Tapi yang ada, malah berpikir keras gimana supaya dapat kursi di "kelas pintar", jadi papa bisa nambahin uang jajan, gimana supaya bisa tetap sabar dibawah asuhan guru-guru yang disiplin serta suster kepala sekolah yang senyumnya iriiiiitttt banget, gimana caranya menghapal 7 filum dan 5 kelas serta 10 ordo insecta dalam mata pelajaran biologi, gimana mengatasi kegugupan saat ditunjuk pak Bernard, guru matematika yang hobinya masuk kelas, buka buku cetak, kemudian satu per satu maju ke papan untuk mengerjakan soal, yang ribut bakal dicatat namanya dalam “buku merah” dan artinya harus siap di minus nilainya, dan masih banyak lagi gimana-gimana yang lain. Meskipun begitu, masih sempat jalan bareng sama teman-teman, seminggu dua kali, nonton, makan, ngumpul-ngumpul di rumah teman, dan sisanya dihabiskan mengikuti les matematika, fisika, komputer, bahasa Inggris, huaaaaa.... capeeekkk... Oh ya! Masih belum berani begadang ding, kalo pagi suka panik kalo telat, sampe nangis-nangis bo', soalnya gak pengen jadi tukang sapu di ruang guru sambil diperhatiin para guru yang sedang sarapan dan mulai nge-cap kita sebagai anak yang bandel dan gak taat pada peraturan... Huhhhh... It's all about rules!

Mengenal cowok?? Humm.. Yah lumayan sempat curi-curi pandang, titip-titip salam, perhatian tipis-tipis, udah gitu... kembali berkutat dengan buku-buku evaluasi. Oh ya!! Satu lagi!!... Ngintip dan gosipin kaka-kaka senior di SMA... Waktu itu jam terbang acara infotainment di tv masih kurang banget, dan itung-itung hiburan pas jam istirahat, masa baca buku melulu...

Dulu...
Semasa SMA, otak yang tegang, kembali merenggang... Sekelas sama teman-teman yang gilaaaaa abiiiissssssss... Plus wali kelas yang hobinya nyerocos gak jelas dan ikut-ikutan gila kayak anak walinya... Hehehe.. Masih juga berkutat dengan pelajaran dan jadwal les yang gak kalah dari SMP kemarin, tapi kalo sekarang serius tapi lebih santai. Dapat teman baru, teman lama juga masih ada.. Tiga sahabat yang special, ketawa, nangis, berantem, baikan, belanja, bokek, dirasain sama-sama deh pokoknya. Kami memiliki karakter yang beda-beda, tapi nyambunga aja, unik, ahhhh... very special. Jam istirahat sering nongkrong di kantin, makan lemper, nasi kuning, bakso, kue dorayaki, keripik ubi, atau yang enak-enak dehh... Hum... "sweet seventeen", unforgettable event... Kelas 2 SMA itu ajang dimana hampir semua cewek merayakan usia 17th-nya dengan persiapan gaun yang indah, ballroom yang guedeeee dan full of decor, kue ulang tahun yang unik dan lucu, bahkan yang tingginya seperti kue pengantin dan lilinnya ada di puncak, mampus loe!! gimana cara niupnya tuh.. Masih suka ngelirik senior-senior yang cool, calm, and confident... dan pastinya smart... Hehehehe.. Jadi ingat seniorku yang wuihhh T.O.P.B.G.T deh, Yoshideki namanya... Gak papa kan? Jangan ada yang cemburu yah... hihihi.. Tapi... Tetap sabar dengan aturan sekolah yang disiplin abis, beberapa guru yang galak, ada yang emang galak, ada juga yang galaknya dibuat-buat. Belum lagi kepala sekolah yang di SMP malah pindah ke SMA, arrrggghhh... enam tahun dengan kepala sekolah yang sama dan dengan senyum yang sama, irit! Yang asiknya... Acara jalan bareng sama teman-teman lebih variatif dan frekwensinya lebih sering... Yang pasti nih... tetap satu yang dijaga “say NO to drugs and alcohol”.. Oh ya... tempat dugem juga gak level ah!!

Karena keseringan jalan, papa pun mulai meningkatkan pengawasannya. Sebelum keluar, ditanyain mau kemana, ngapain ke sana, naik apa, sama siapa, cowok ato cewek (kalo cowok sudah pasti gak boleh!), jam berapa pulang, diantar atau tidak, bahkan ngomentarin kostum, “kenapa bajunya kayak gitu, pake jaket! Jangan pake yang nge-pas badan!”. Kalo pulangnya malam, ditungguin papa di ruang tamu dan sudah siap dengan serentetan pertanyaan, kenapa pulang jam segini, kenapa gak nelpon, hp-nya koq gak aktif (bukan sengaja gak diaktifin, emang dulu signal gak sebanyak sekarang koq, makanya lebih sering ngomong sama “Telkomsel Veronica”), sampai pada pertanyaan, “kamu mau jadi apa kalo sering pulang malam?? Nanti pr-nya gak selesai” Yahhh... Padahal saya kan tipe orang yang gak berani gak kerja pr, takut disuruh berlutut di atas batu kerikil dengan durasi 30 menit, plus dengar omelan bapak/ibu guru yang bikin kuping panas, belum lagi kalo ada rival yang lewat terus ngeliatin sambil cekikikan, that’s why... aku gak bakal absent ngerjain pr-ku.

Mengenal cowok??? Hummm... Ini nih... jaman dimana kita hanyut dengan berbagai rayuan cowok-cowok tanpa masa depan yang jelas dan hanya membanggakan kekayaan orang tua, plus hujan sms cinta yang kata “luvyou” nya udah lebih dari 1 halaman message.. Telpon-telponan sampe jam-jaman tiap hari, seolah-olah besok sudah kiamat dan kita gak bakal ketemu lagi, dan isi pembicaraannya hanya pujian dan kata sayang yang membuat kita terbang sampe ke pelafon, sumpah dehhh kalo ingat dulu, gombal banget yahhh... Tapi salut juga sama gaya pacaran jaman dulu, eumm.. kayak udah mau sehidup semati seperti pasangan legendaris “romeo & juliet”. Maklum... belum pernah mencicipi pahitnya realita kehidupan, dan dunia ini hanya milik berdua aja.. Yang lain mau ngontrak, kost, sewa, ato apalah, terserah...

Dulu...
Semasa kuliah... Panik dan stress dengan kegiatan pengkaderan, itu bahasa formalnya yahh... Intinya sihhh “pesta para senior”... Saat dimana senior selalu benar dan junior selalu salah, saat dimana kita harus berkostum aneh bin ajaib dengan sejuta bau badan yang hoekkksss... gak bisa dijelasin, saat dimana mulai mengagumi senior-senior cowok yang bijak layaknya seorang pahlawan yang akan menyelamatkan kami dari aktivitas yang gak jelas itu, saat dimana senior cewek mengancam kami agar gak boleh lebih cantik dari mereka (ini yang paling sulit bagi saya, yah... taulah.. saya kan.. ehm... maaf narsisnya kambuh), dan satu yang selalu ada, malam renungan dengan mata tertutup dan digiring entah kemana, sambil sayup-sayup terdengar suara instrument dan teriakan senior yang sedang membacakan puisi, tapi seperti teriakan minta tolong karena jemurannya hilang.. Pengennya sih buat kita nangis terharu, tapi yang ada malah nangis karena dibangunin subuh-subuh padahal udah mimpi jadi penyanyi kondang yang dikelilingi banyak fans, dan karena banyak nyamuk yang kelaparan. Ichhhh!!! Benci.... Tapi itu semua berubah jadi lembaran lalu yang konyol buatku... (“,)

Cara berpikir mulai liberal, gak kaku. Punya banyak teman dari beberapa daerah dengan karakter yang berbeda.. Menambah koleksi bestfriend yang ada, lima orang sahabat dekat pasca saya ditinggal sama 2 bestfriend kemarin karena harus kuliah dan kerja di kota lain, serta yang 1 sudah mulai sibuk juga dengan kerja dan kuliahnya, tapi tetap keep in touch koq. Lima orang yang tak kalah special ini selalu berusaha seirama denganku... Kami melewati semuanya bersama-sama.. Semuanya... Sampai kegiatan mencangkul, menyiram, memberi pupuk di “ladang contoh” (nasib.. nasib...). Kegiatan laboratorium dan praktek lapang yang luar biasa merepotkannya... Hahahaha... Betulanka kodong.. Repotttttt... Dana terbatas tapi hasilnya harus maksimal... Belum lagi kegiatan organisasi yang seabrek-abrek, hahhh jadi ingat waktu cari dana buat kegiatan LK2M, jualan kue dan es buah di jl. Hertasning jelang buka puasa, dan berlangsung berhari-hari. Tapi hasilnya memuaskan, untungnya sampe Rp. ..... juta, hehehe..

Sambil kuliah, dapat peluang kerja di tv lokal jadi presenter.. Yah nambah uang jajan, uang shopping, uang traktir, halllahhhhhh sok kaya banget... Kerja sama kaka-kaka yang usianya lebih tua, saya lebih banyak ngangguk dan meng-iya-kan order producer. Gara-gara jadwal kerja yang sesekali bertabrakan dengan jadwal kuliah, jadinya malah bolos kuliah. Yahh... waktu itu mikirnya dahulukan yang menghasilkan duit dulu deh... Hehehe.. Fiuhhhh untung dapat gelar sarjana –nya pas 4 tahun... Indeks Prestasi Kumulatif atau yang akrab disebut IPK juga di atas tiga koma, artinya saya berada di posisi aman. Alhamdulillah pekerjaan itu adalah “kunci” buatku untuk membuka pintu masa depan yang baik. Aminn..

Mengenal cowok?? Duhhh... Gak siap dan gak kuat cerita nih.. Intinya lebih realistis dalam menajalani hubungan, karena emang kita ini bukan hidup di “negeri dongeng”, dan dia bukan pangeran yang bisa selalu membahagiakan sang puteri. “Kalo lapar, makanq, masa yang begituan harus dikasih tau”, salah satu yang saya maksud dengan realistis. “Ngapain mo cemburu, kan dia cuma duduk ji di samping ta, sayang”, hahh.. padahal sang pacar gak sadar kalo tuh cowok sudah mengeluarkan semua jurus rayuannya, mulai dari basa-basi minta nomor hp karena kali-kali aja mau sharing atau butuh info (emangnya saya ini yellow pages apa), sampai pada menawarkan untuk mengantar pulang. Hahhhh... Payah!! Dan tetap aja, si pacar ini merasa bahwa dia benar dan itulah bentuk maksimal dari perhatiannya.. Whatt!!!??? Menurutnya dia gak cuek, cewek aja yang gak pengertian.. Kalo nangis, malah dibilang cengeng dan ninggalin kita dengan alasan gak tega liat atau dengar kita nangis karena cinta dan sayang.. Dededeuhhh alasssaannn aja!... Kayaknya dia perlu banyak baca karya pujangga-pujangga ternama yang mendeskripsikan cinta itu lebih sederhana dari yang kita bayangkan, namun jauh lebih indah dalam perwujudannya...

Sekarang...
Humm... Sekarang.. masa yang saya jalani, sebuah fase dimana saya akan mendapatkan hal-hal baru yang akan jauh lebih menarik... Tidak akan sama seperti dulu lagi... Dimana nantinya juga akan menjadi kenangan yang akan kuceritakan saat saya merangkai masa depan yang indah bersama mimpi-mimpi yang telah dan akan terwujud..
Amin...

20 Juli 2008
01:41 wita
mengenal cowok?? Maybe it's too complicated for me.. huhhh..!

1 comment:

Anonymous said...

Setiap jejak hidup yang kita lewati,..selalu saja menyisakan potongan kenangan yang mengendap abadi....
kelak kenangan-kenangan itu akan membentuk mozaik bagi jalan hidup yang kita lewati selanjutnya....
Hmmm...saya hanya ingin bilang, apapun yang terjadi, hidup adalah sesuatu yang harus diperjuangkan, kadang Allah mencintai kita dengan cara yang tidak kita mengerti..............