PDKT vs pacaran

Malam ini saya kembali membaca beberapa tulisan di "rumah danau"ku.. Hmmm.. Jadi pengen nulis lagi.. Apa yahh?? Ada sih beberapa alternartif, tapi untuk ke sekian kalinya saya memilih nulis mengenai relationship antara dua anak manusia.. Tiba-tiba aja jadi ingat obrolan saat chatting sama teman di kota lain, petang tadi..

Dia bercerita tentang dirinya yang akhirnya jatuh cinta lagi pasca ditinggalkan "sang mantan".. Saat ini pria beruntung itu bagi dia adalah sosok yang sangat unik, kadang cuek, kadang juga perhatian dengan sejumlah kejutan.. Tapi saat ini masih tahap PDKT alian "pendekatan"..

Huummm.. Emang yang namanya tahap PDKT itu selalu indah dan menyenangkan.. Kata orang, "biar tai kambing, rasa coklat juga deh.." Hueekkss.. Tai kambing yahh tetep tai kambing lah! Begitu banyak variasi cara untuk menarik perhatian lawan jenis..

Semuanya lebih intensif.. Sms-an lancar banget, sampe jempol tuh udah kebal banget (biar qwerty keyboard kayak Ve juga kerasa bo' jempolnya).. Telponan berjam-jam, bisa sekalian ronda kali yah.. Gak di kantor, di rumah, di terminal lagi nunggu angkutan kota, di meja makan saat lunch. Bahkan saat mau istirahat malam, gak bisa kalo gak dengar suaranya.. Kasmarannn mulu..

Hujan pujian, kata sayang dan cinta.. Hmm.. Buat perasaan jadi senang banget dan merasa menjadi yang terindah dan istimewa.. Pokoknya nihhh... Apapun kata orang.. Lewaaattt dehhh.. Itu yang sebagian besar dialami oleh mereka yang sedang berbunga-bunga di masa PDKT..

Tapi tunggu dulu.. Begitu jadian alias pacaran, itu bisa berubah 90 bahkan 180 derajat. Segala perhatian, kata sayang, dan pujian itu, pelan-pelan terasa berbeda, gak seperti awalnya.. Jumlah sms yang biasanya lebih dari selusin per hari, ini malah gak sampe lima di inbox.. Kadang hanya basa-basi, bahkan jadi basi banget, smsnya kapan.. dibalasnya kapan.. Nanyanya apa.. balasnya apa..

Durasi telepon pun berkurang setengah kali dari biasanya, yang biasanya tiap hari, malah jadi seminggu 3 kali, tunggu sebulan, jadi seminggu sekali dehh.. Alasannya sibuklah.. Capeklahh.. Ada juga kalimat, "Jangan keseringan say, ntar bosan, jenuh".. Waduh gimana kalo suami istri yahh.. Gak tau deh itu dalih atau apa, atau malah udah jenuh duluan..

Kalimat seperti, "udah makan belum?", "jangan lupa makan dan shalat yah", "kangen nieehh", "lagi dimana?", dan sejenisnya, terdengar kekanak-kanakan, katanya sih gak profesional.. Emang hubungan pacaran itu profesi yahh???? Maaf yah.. Ini hanya untuk segelintir orang yang menurutku malah merusak cita rasa dari hubungan itu..

Okelah.. Emang kerjaan kita bukan pacaran mulu, saya juga gak setuju.. Tapi gak berarti jadi berbeda banget dari awal PDKT dulu.. Kita kesannya "beli kucing dalam karung".. Yang biasa aja donkk.. Minta pengertian dan beri penjelasan secara baik.. Jangan tiba-tiba berubah sikap tanpa konfirmasi, apalagi kalo sampe harus berdebat..

Tulisanku ini sama sekali gak berniat mempengaruhi hubungan kalian yang sudah mantap dan dilandasi rasa sayang, cinta, dan pengertian.. Saya hanya bertanya-tanya bagaimanakah idealnya sebuah hubungan itu dijalin hingga mencapai tujuan yang diinginkan.. Apakah dengan tahap PDKT yang terasa significant dengan masa pacaran, mampu mempertahankan semua "rasa" itu...??

23 Oktober 2008
00:50 wita

2 comments:

Unknown said...

well, ada yang bilang; "setahun pertama; hanya kekasihku yg cantik
di tahun kedua; perempuan lain juga cantik
di tahun ke tiga; semua perempuan cantik kecuali kekasihku..."


Ve, banyak hal memang bisa berubah dalam waktu, tapi itu mungkin saja bukan tanda prubahan yg harus disesali. Mungkin hubungan-nya bermetamorfosa menjadi sesuatu yg lain yg mungkin saja lebih indah dan bersahaja...

mungkin seperti perkawinan bapak-ibu kita yg Cinta mereka mungkin sudah berubah dari perasaan yang panas dan menggairahkan menjadi "entah", yang bernama komitmen membesarkan anak, membayar tagihan listrik atau tanggung jawab yang lebih besar dari kata-kata manis masa mereka pacaran dulu...

ArIf said...

Hmm... Gimana kalau kita balik pertanyaan finale-nya? Apakah dengan tahap PDKT yang nggak significant dengan masa pacaran, nggak bisa menumbuhkan "rasa" itu?

Entahlah, jangan tanya aku. Aku belum sempat begitu.. (-_-')